ILMU TEKNIK : Hakekat Prestasi Akademik Secara Tepat dan Menyeluruh


Hakekat Prestasi Akademik



Pengertian Prestasi Akademik
Prestasi akademik berasal dari dua kata yaitu prestasi dan akademik. Menurut Hilgard (dalam Sumardi Suryabrata, 1984;252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaaanya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Saiful Bahri Djamarah (1994:20) menyatakan bahwa prestasi merupakan apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. Muray (dalam Beck 2014:290) mendefinisikan prestasi adalah untuk mengatasi hambatan, melatih kekuatan, berusaha melakukan sesuatu yang sulit dan secepat mungkin.
Selanjutnya yang dimaksud dengan akademik adalah keadaan orang-orang bisa menyampaikan dan menerima gagasan, pemikiran, ilmu pengetahuan, dan sekaligus dapat mengujinya secara jujur, terbuka, dan leluasa (Fadjar, 2002:5). Adapun kata akademik berasal dari bahasa Yunani yakni academos yang berarti sebuah taman umum (plasa) di sebelah barat laut kota Athena. Sesudah itu, kata acadomos berubah menjadi akademik, yaitu semacam tempat perguruan. Para pengikut perguruan tersebut disebut academist, sedangkan perguruan semacam itu disebut academia.
Menurut Alex Sobur (2006) prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku, ataupun kemampuan yang dapat bertambah selama beberapa waktu dan tidak disebabkan proses pertumbuhan, tetapi adanya situasi belajar. Sementara itu menurut Hasan Abdul Qohar (2000:56) berpendapat bahwa pengertian prestasi akademik adalah hasil dari suatu yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individual maupun kelompok. Setiawan (dalam  Naam, 2009) menyatakan bahwa prestasi akademik merupakan suatu  pencapaian tingkat keberhasilan dari usaha belajar tentang suatu tujuan, karena suatu usaha belajar telah dilakukan oleh seseorang secara optimal. Sementara itu menurut Slameto (2003;10) prestasi akademik merupaka suatu perubahan yang dicapai seseorang setelah mengikuti proses belajar.
Berdasarkan pada konsep pengertian, maka yang dimaksud prestasi akademik  dalam peneitian ini adalah usaha belajar yang dilakukan seseorang agar dapat mencapai tujuan secara optimal yang dinyatakan melalui suatu pencapaian.
Fungsi Prestasi Akademik
            Menurut Zaenal Arifin (1990) fungsi dari prestasi akademik adalah sebagai berikut:
·         Prestasi akademik sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai.
·         Prestasi akademik sebagai lambang pemusatan ingin tahu.
·         Prestasi akademik dapat dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan pengetahuan.
·         Prestasi akademik sebagai indikator intern dan ekstern dari institusi pendidikan.
·         Prestasi akademik dapat dijadikan sebagai indikator daya serap (kecerdasan peserta didik).
Faktor Pengaruh Prestasi Akademik
            Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prestasi akademik dapat dicapai. Menurut Ngalim Purwanto (2010; 107) menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi akademik antara lain:
·      Faktor dari dalam individu, terdiri dari faktor fisiologis dan Psikologis. Faktor fisiologis adalah kondisi jasmani dan kondisi panca indera. Disisi lain faktor psikologis yaitu bakat, minat, kecerdasan, motivasi berprestasi dan kemampuan kognitif.
·      Faktor dari faktor lingkungan dan faktor instrumental yaitu kurikulum, bahan, guru, sarana. Administrasi, dan manajemen.
     Berdasarkan uraian  mengenai prestasi akademik tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi akademik berperan penting dalam pengembangan pengetahuan seseorang. Selain itu, prestasi akademik dapat memotivasi seseorang untuk selalu meningkatkan kualitas dirinya terhadap suatu pengetahuan yang baru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "ILMU TEKNIK : Hakekat Prestasi Akademik Secara Tepat dan Menyeluruh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel