ILMU TEKNIK : Fungsi dan Manfaat Bagian-Bagian Kayu dalam Proyek Konstruksi

Diposting pada
Biasanya kayu ini digunakan untuk penyangga rumah seperti tiang rumah, balok, kuda-kuda, pintu, jendela, kusen, dan sebagainya. Pasti sebagian rumah membutuhkan kayu untuk membuat rumah tetap berdiri kokoh. Anda sudah tidak asing lagi dengan kayu yang sering Anda jumpai beserta daftar harga kayu terbaru di pasaran. Namun, sebagian besar belum mengetahui apa saja fungsi bagian kayu bahan bangunan.
Dilansir dari situs Prooperti.id, berikut ini ada beberapa fungsi bagian kayu bahan bangunan yang bisa Anda ketahui:
  • Fungsi kulit kayu di proyek konstruksi
Kulit adalah salah satu bagian dari kayu. Kulit ini merupakan bagian yang paling luar yang dimiliki oleh kayu. Kulit kayu ini sendiri memiliki dua bagian, bagian pertama adalah kulit bagian luar yang mati, dan yang kedua adalah kulit dalam yang bersifat hidup. Kulit bagian luar yang mati memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan ini berdasarkan jenis pohon tertentu, kering, dan juga warna tua pada kulit pohon. Bagian kulit yang kedua adalah kulit dalam pohon yang bersifat hidup. Kulit dalam hidup ini memiliki ketebalan yang sangat tipis. Fungsi kulit bagian dalam ini adalah mengangkut getah yang dirubah daun ke bagian pohon yang sedang tumbuh. Selain itu, kulit bisa melindungi bagian dalam kayu dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangga, hama, iklim, dan kebakaran. Sehingga kulit ini dapat memaksimalkan fungsi bagian kayu bahan bangunan agar tetap kokoh dan kuat.
  • Manfaat kambium kayu di proyek konstruksi
Bagian dari kayu yang selanjutnya adalah kambium. Kambium ini merupakan jaringan pada kayu yang tipis dan bening. Bentuknya semacam lender yang ada pada bagian antara kulit dan kayu. Selain itu fungsi kambium juga bisa melingkari kayu, ke arah luar membentuk kulit kayu yang baru dan menggantikan kulit lama yang sudah tua dan rusak, dan ke arah dalam membentuk kayu yang baru. Sehingga kayu ini akan terus diperbarui untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan kayu yang merupakan bagian dari fungsi bagian kayu bahan bangunan.
  • Fungsi kayu gubal di proyek konstruksi
Kayu gubal adalah bagian dari kayu yang akan digunakan nantinya sebagai bahan bangunan. Kayu gubal ini adalah bagian kayu yang masih muda yang terdiri dari sel-sel dalam kayu yang masih hidup. Kayu gubal ini letaknya disebelah kambium dan fungsinya sebagai penyalur cairan dan sebagai tempat penimbunan zat-zat makanan pada kayu. Penimbunan zat-zat makanan ini yang akan terus menyediakan makanan yang dibutuhkan oleh kayu pada masa pertumbuhan dalam pohon. Kayu gubal ini mempunyai tebal sekitar 20 cm. Semakin besar ukuran kayu gubal, maka semakin kuat juga kayu yang akan digunakan untuk bahan bangunan.
  •  Gunanya kayu teras di proyek konstruksi
Kayu teras ini yang akan membuat kayu menjadi semakin keras dan membuat batang pada pohon agar tetap kokoh berdiri. Kayu teras ini adalah bagian kayu yang sudah menua, mengeras dan memadat, dan lebih keras dan warnanya lebih tua jika dibandingkan dengan bagian kayu gubal. kayu teras merupakan fungsi bagian kayu bahan bangunan yang utama adalah rekonstruksi bangunan.
  • Manfaat hati kayu (pitch) kayu di proyek konstruksi
Hati kayu adalah salah satu bagian yang terdapat dalam pusat lingkaran tahun. Hati kayu ini biasanya digunakan untuk menentukan jenis suatu pohon. Penentuan jenis pohon ini dapat mempermudah konsumen memilih kayu apa yang diinginkan untuk pembuatan rumah. Hati kayu ini bisa bersifat lunak atau rapuh pada jenis kayu tertentu, namun ada pula yang sifatnya keras pada jenis kayu tertentu.
  • Kegunaan lingkaran tahun kayu di proyek konstruksi
Lingkaran tahun adalah batas antara kayu yang terbentuk pada permulaan dan akhir pada suatu musim. Lingkaran tahun bisa untuk mengetahui umur suatu pohon. Jika umur suatu pohon sudah tua, maka fungsi bagian kayu bahan bangunan juga akan berfungsi secara optimal dalam kekuatan maupun kemudahan dalam penggunaanya.
  • Fungsi jari-jari kayu di proyek konstruksi
Jari-jari kayu ini berbentuk tegak lurus pada batang dari kulit ke hati yang berfungsi sebagai tempat saluran makanan yang mudah untuk diproses di dalam daun untuk membantu pertumbuhan pada pohon. Semakin baik jari-jari pada pohon, maka semakin cepat pula kayu bisa digunakan sebagai bahan bangunan.
Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Silakan kunjungi Prooperti.id untuk mendapatkan informasi harga terbaru dari bahan bangunan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *