ILMU TEKNIK : Perawatan Water Cooled Chiller pada Hotel Bintang Lima

January 04, 2020
Perawatan secara umum adalah perawatan yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Perawatan secara umum mulai pemeriksaan, pembersihan, ataupun penggantian komponen bila mengalami kerusakan. 



Perawatan secara umum yang telah dilakukan secara berkala di catat agar memudahkan untuk pengecekan kedepannya. Adapun perawatan secara umum yang dilakukan pada water chiller di sebuah hotel yaitu :

1. Memeriksa panel kontrol

Pemeriksaan terdiri dari pembersihan umum untuk menghilangkan debu yang menempel pada panel kontrol. Bila terjadi ketidaksesuaian fungsi maka akan langsung dilakukan perbaikan.

2. Memeriksa kontrol keamanan dan operasi bulanan 

Unluk memastikan perlindungan chiller, tes kontrol otomatis dilakukan satu bulan sekali. 

3. Mengganti filter oli 

Penggantian filtcr oli dilakukan sctiap lahun kctika chiller dibuka untuk perbaikan. 

4. Mengganti oli 

Penggantian oli dilakukan setiap lima tahun. Dcngan pcnggantian oli yang secara berkala dilakukan akan dapal mcmaksimalkan kcrja alat. Dan dapat memcapai kerja yang optimal. 

5. Filler refeigeran 

Filler drier dijadwalkan diganti setahun sckali atau Ilebih sering jika kondisi saringan menunjukkan kebutuhan unluk lebih sering diganti. Bila kondisi selama pengecekan masih dalam kondisi baik maka tidak perlu dilakukan penggantian. 

6. Memeriksa sistem mengambang pcndingin 

Melakukan pcmcriksaan ini sctiap 5 tahun atau ketika kondcnsor dibuka untuk layanan 

7. Memeriksa katup dan pipa 

Pemeriksaan pada katup dan pipa wajib dilakukan karena untuk mengalirkan dan menutup aliran air. Disamping itu juga karena air yang terlalu lama tidak diganti akan menimbulkan kerak yang berpotensi merusak katup dan pipa. 

8. Perawatan bantalan kompresor dan roda gigi. 

Kunci untuk bantalan yang baik dan pemeliharaan roda gigi adalah pelumasan yang tepat. Dengan mempertahankan kondisi pelumas pada tingkat yang direkomendasikan seperti suhu, dan tekanan kemudian memeriksa sistem pelumasan secara teratur dan menyeluruh. 

9. Pemeriksaan aliran air dingin dan air pendingin 

Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kondisi air pada aliran air dingin dan air pendingin. Bila air tersebut sudah kotor dan banyak berisi kerak maka perlu dilakukan penggantian air. 

10. Pemeriksaan refrigeran 

Pemeriksaan dilakukan setiap hari dengan mengecek temperatur dan tekanan refrigeran. Pembacaan dilakukan pada display yang ada pada chiller


Artikel Terkait

Previous
Next Post »