ILMU TEKNIK : Proses Cleaning Kondensor atau Pembersihan Kerak Pada Kondensor

December 31, 2019
Setelah proses monitoring dilaksanakan dan dievaluasi terdapat parameter dibawah standar yaitu kondensor high pressure dan ampere tinggi (lebih tinggi dari nameplate) yang menunjukkan bahwa kondensor harus dimaintenance, maka akan dilakukan salah satu tindakan yaitu cleaning pada kondensor. Untuk menghilangkan kerak dan lumut pada kondensor dan menjaganya agar kondensor ini tetap bekerja optimal, maka diperlukan perawatan yang rutin. Jika keadaan normal perawatan ini dilakukan setiap 4 bulan sekali. Biasanya setelah bekerja penuh selama 4 bulan, kondensor ini mengalami penumpukan kerak di dalamnya. Kerak ini dihasilkan dari pendinginan kondensor oleh air cooling tower. Kerak pada cooling tower ikut terpompa dan mengendap di dalam lubang kondensor. Kotornya kondensor ini juga dapat di analisa melalui tingginya angka high pressure. Adapun alat-alat, bahan dan proses yang perlu dipersiapkan seperti dibawah. 


Alat dan bahan : 

  • 1 Set stick dan brush atau sikat 
  • Tang kombinasi 
  • Kunci pipa d, Kunci pass 
  • Kunci pass ring 
  • Kunci inggris g Obengpltcs 
  • Selang dan Lampu 
  • Spons dan ember dan air secukupnya
Proses cleaning kondensor . 
  1. Menyiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan dan meletakkannya di ruangan WCP yang akan dilakukan proses cleaning atau pembersihan. 
  2. Memastikan tidak ada over time dari tenant untuk sistem yang akan dilakukan pembersihan. 
  3. Memastikan sistem WCP off dan dan kontak mcb dalam posisi off 
  4. Menghubungkan kabel ekstension pada sumber daya di ruangan 
  5. Menghubungkan lampu sebagai penerangan pada saat proses pembersihan unit kondensor 
  6. Menutup gate valve pada Sisi cooling water supply, yang selanjutnya menutup gate valve pada Sisi cooling water return agar tidak ada air yang bersirkulasi ke kondensor pada saat proses pembersihan. Pastikan agar katup benar-benar tertutup rapat. 
  7. Menyambungkan pipa atau selang pada saluran drain pipa cooling water supply dan pada ujung diletakkan pada main drain 
  8. Membuka saluran angin dan buka katup drain pipa cooling water supply agar air sisa di kondensor dapat dikeluarkan semua i. Memastikan semua air sudah keluar dari unit kondensor agar proses pembersihan tube-tube kondensor dapat dilakukan, 
  9. Membuka cover kondensor secara perlahan 
  10. Mempersiapkan stick dan brush yang sesuai ukuran kondensor, agar semua Sisi tube atau pipa dapat dijangkau dan dibersihkan oleh brush atau sikat yang terpasang pada ujung stick. Pastikan brush atau sikat terpasang dengan baik agar tidak terlepas dari stick. 
  11. Memasukan stick secara perlahan ke lubang tube dan agak diputar searah jarum jam sampai semua tube atau pipa terjangkau, selanjutnya menarik stick serta agak diputar searah jarum jam jika dirasakan agak keras dan kotoran akan menempel pada brush atau sikat 
  12. Mencelupkan brush atau sikat ke air bersih agar semua kotoran terlepas lalu lanjutkan langkah nomer I sampai semua lubang tube dibersihkan. 
  13. Setelah proses pembersihan selesai maka menutup kembali cover kondensor dan pastikan ditutup dengan rapat agar tidak terjadi kebocoran. 
  14. Melakukan pembilasan agar sisa kotoran yang masih menempel pada tube-tube kondensor dapat larut bersama air dengan cara membuka kembali gate valve water cooling supply selama 5 sampai 10 menit yang dilanjutkan membuka gate valve water cooling return 5 sampai 10 menit lalu tutup kembali, agar dapat menutup saluran angin dan melepas selang dari saluran drain pipa cooling water supply dan tutup saluran drain. 
  15. Setelah selesai, membuka penuh gate valve water cooling supply yang dilanjutkan dengan membuka penuh gate valve water cooling return. 
  16. Membersihkan semua peralatan yang digunakan, membersihkan sisa-sisa kotoran atau lumpur yang tercecer pada unit WCP dan memebersihkan ruangan kerja agar kembali bersih. 
  17. Mengembalikan kontak mcb pada posisi on dan pastikan saklar WCP pada kondisi remote. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »