ILMU TURBIN : Pengertian dan Komponen Turbin Gas

August 03, 2019


Pengertian dan Komponen Turbin Gas



Turbin gas merupakan sebuah mesin atau alat pembangkit yang memanfaatkan ekspansi gas berkecepatan tinggi yang akan mendorong sudu-sudu sehingga menghasilkan gerakan putar pada rotornya. Putaran pada rotor ini lah yang nantiya digunakan untuk menggerakkan generator listrik. Media kerja yang digunakan oleh turbin gas yaitu udara atmosfir. Udara atmosfir ini akan dihisap oleh kompressor dan akan dimampatkan hingga mendapatkan tekanan tertentu. Pada umumnya tekanan akhir pada sudu kompresor mencapai 30 kali dari tekanan inlet kompresor. Selanjutnya udara bertekanan ini akan masuk difuser untuk ditingkatkan kembali tekanannya. 


Udara bertekanan dari kompresor akan diteruskan masuk ke area pembakaran atau combustion chamber, pada bagian ini bahan bakar akan diinjeksikan sehingga memicu terjadinya pembakaran bahan bakar. Pembakaran ini mengakibatkan ekspansi di udara sehingga volume dan temperaturnya meningkat juga. Adanya kenaikan suhu udara hasil pembakaran menunjukkan bahawa kandungan energi pada udara juga ikut meningkat, energi yang meningkat inilah yang nanti akan dikonversikan menjadi tenaga putar pada poros. 



Ada 2 siklus yang ada pada sistem generator turbin gas yaitu :

1. Siklus Terbuka

Pada siklus terbuka ini, gas sisa hasil ekspansi akan langsung dibuang ke atmosfir.

2. Siklus Tertutup

Pada siklus tertutup, gas sisa hasil ekspansi akan dimanfaatkan kembali untuk memanaskan air pada HRSG atau Heat Recovery Steam Generator.



Sementara itu turbin gas ini juga diklarifikasikan menjadi 2 macam yaitu :

1. Turbin gas poros tunggal ( Single Shaft )

Turbin ini banyak digunakan untuk menggerakkan genarator listrik sehingga dapat menghasilkan energi listrik untuk keperluan industri.

2. Turbin gas poros ganda ( Double Shaft )

Merupakan jenis turbin yang terdiri dari turbin tekanan rendah dan tinggi , dimana digunakan untuk menggerakkan beban yang berubah seperti kompressor pada unit produksi.



Gambar Turbin Gas


Komponen utama turbin gas adalah sebagai berikut :



1. Filer Iinlet Kompresor



Gambar. FIlter Inlet Kompressor

Berfungsi untuk mencegah partikel-partikel pengotor masuk ke dalam sistem turbin gas.


2. Kompresor

Gambar. Kompressor



Kompresor pada sistem turbin gas berfungsi untuk memampatkan udara sehingga ekspansi udara pada saat keluar dari combustion chamber, terjadi secara maksimal.


3. Chombustion Chamber

Udara bertekanan dari kompresor akan masuk menuju ruang bakar yang biasa disebut combustion chamber atau combustor. Di dalam combustor, oksigen dalam udara akan bereaksi dengan bahan bakar sehingga menghasilkan panas.



4. Turbin Section
Gambar Turbin Section
Mengkonversi energi dari gas dengan tekanan dan kecepatan yang tinggi hasil dari combustion area menjadi energi mekanik berupa rotasi poros turbin. Turbin section merupakan tempat terjadinya konversi energi kinetik menjadi energi mekanik yang digunakan sebagai penggerak kompresor aksial dan perlengkapan lainnya. Dari daya total yang dihasilkan kira-kira 60 % digunakan untuk memutar kompresornya sendiri, dan sisanya digunakan untuk kerja yang dibutuhkan.

5. Sistem Bearing dan Lubrikasi

Gambar Sistem Bearing dan Lubrikasi


Journal bearing adalah bearing yang berfungsi untuk menahan beban berat dari seluruh komponen turbin gas. Sedangkan thrust bearing bertugas untuk menahan beban aksial yang muncul pada komponen-komponen turbin gas akibat gaya dorong aksial udara panas bertekanan di dalamnya.



6. Sistem Labyrinth Seal

Labyrinth seal pada turbin gas berfungsi untuk mencegah udara bertekanan di dalam sistem gas turbin bocor keluar atmosfer melalui sela-sela antara stator dan rotor.


Gambar. Sistem Labyrinth Seal




TEST PLAGIARISME


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Gaming Studio
AUTHOR
25 October 2019 at 00:01 delete

Bagus gan artikelnya btw turbin biasanya dipake buat pembangkit listrik ya

Reply
avatar