ILMU REFRIGERASI : Cara Mudah Membersihkan AC Rumah (AC-Split) dalam 30 Menit

Diposting pada

Cara Membersihkan AC-Split dengan Cepat dan Mudah



AC memang harus selalu dirawat dan dibersihkan agar tetap bekerja dengan optimal. Apabila ada waktu luang misalnya hari libur atau weekend 3 bulan sekali ada salahnya kita pakai membersihkan AC sendiri,caranya tidak tidak memakai peralatan khusus hanya dengan alat-aıat kita di Anda siapkan sebelum membersihkan menempel di adalah:

  1. Kuas ukuran sedang, sikat gigi yang tidak terpakai. 
  2. Obeng + (Plus) dan- (min). 
  3. Selang ait (kalau ada), gayung, ember, detergen pencuci pakaian. 
  4. Isolasi (untuk menutup sakelar listrik yang terbuka). 

Sebelum membersihkan indoor dan outdoor-nyaı matikan semua sumber listrik yang menghubungkan dengan AC tersebut untuk yang pertama kita bersihkan adalah outdoor kemudian indoor.

Pembersihan AC outdoor dengan langkah langkah sebagai berikut: 
Pakai kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada di kisi-kisi pendingin  gunakan  sikat gigi sebagai alat untuk membersihkan tempat yang sempit karena kuas tidak menjangkau area itu. 
Untuk tahap awal ini kita tidak perlu air dan detergen, langkah ini tidak diwajibkan membersihkan dari dalam karena debu yang menempel itü hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam di langkah berikutnya yang perlu detergen dan air. 

jika dirasa sudah bersih dari kotoran maupun debu-debu, kita lanjutkan langkah berikutnya, yaitu:

a) Siapkan satu ember camupuran air dengan detergen

b) Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastik yang dikait 2 baut (tergantung dari merek AC). Ambil gayung dan isi air dari bak tadi dengan 1/4 air saja berkali-kali.

c) Siramkan ke kisi-kisi AC dari Sisi depan, Anda tidak pertu melepaskan fan-nya(kipas). Apabila dianggap mengganggu, silakan dilepas tetapi jangan lupa baut slip karena akan mengurangi kinerja AC. Siramlah dengan cara mengayunkan tangan Anda agak kuat, siramlah dari sela-sela fan, siramlah ke arah depan dan ke arah kiri, Jangan menyiram ke arah terlalu kanan karena boks yang dilindungi oleh pelat seng itu adalah mesin kompresor (kalau di kipas angin namanya dinamo).

d) Ulangi cara (c) hingga benar-benar air yang menetes ke bawah itu bening dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama. Kurang lebih 3 ember ukuran sedang untuk penyiraman terakhir jangan memakai detergen, fungsinya untuk membilas agar detergen itu hilang dan tidak menimbulkan karat.

e) Apabila sudah bersih pasang kisi plastik yang melindungi fan (kipas) lalu diamkan sampai benar-benar kering kurang lebih 2 jam.

Indoor-nya dengan langkah-langkah berikut: 


a. Buka penutup AC tersebut yang dikait dengan 2 baut menggunakan obeng membuka baut, buka terlebih dahulu penutup baut dengan cara mencongkel dengan obeng -(min).

b. Setelah itu, tarik ke atas perlahan-lahan biasanya ada pengunci tanpa baut yang menyangkut di tutupnya itu.
c. Apabila penutupnya sudah terbuka, lepas kabel/soket yang swing/pengarah angin, selanjutnya tarik swing ke depan perlahan-lahan. Apabila sudah terbuka swing-nya kita mulai membersihkan AC tersebut dengan cara yang sama seperti membersihkan outdoor-nya sebagai berikut:
d. Bersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin tersebut dengan kuas. Apabila susah dijangkau dengan kuas, pakailah dengan sikat gigi tanpa memakai air terutama pada rollerfan(kipas berbentuk bulat yang terbuat dari plastik dan menghasilkan angin) untuk membersihkan ini perlu alat tambahan berupa cutter/pisau kecil untuk membuang debu yang lengket di rollerfan tersebut. Sebelum membersihkan indoor tersebut dengan memakai air dan detergen, terlebih dahulu lepas sakelar yang menghubungkan sumber listrik. Tutup sakelar dengan isolasi untuk menghindari percikan air masuk ke lubang tersebut.
e. Tutup MCB/control panel/mesin pengontrol menggunakan plastik atau sejenisnya agar lebih aman dari percikan air yang terletak sebelah kanan kisi pendingin karena dari alat itulah semua proses pendinginan, remote control, dan lain-lain diletakkan.
f. Mulailah dengan menyiramnya seperti langkah-langkah membersihkan outdoor di atas.
g. Apabila sudah bersih, pasang kembali swing fan terlebih dahulu, kemudian penutup luarnya (cover AC).
h. Tunggulah 2 jam atau lebih untuk menyalakan AC, semakin lama semakin baik, untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN, jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian terserah selera Anda. 

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *