ILMU REFRIGASI : KERUSAKAN PADA SISTEM REFRIGERAN FREEZER DAN CARA PERBAIKANNYA

August 05, 2019

 KERUSAKAN PADA SISTEM REFRIGERAN FREEZER DAN CARA PERBAIKANNYA

Gambar. Jenis-Jenis Refrigerant


Metode pemindahan sistem zat pendingin dalam suatu freezer, pemeriksaan kebocoran, pemotongan pipa isap, penggantian kompresor dan lain-lain sama seperti pada sistem zat pendingin lemari es. Masalah umum zat pendingin dalam suatu freezer yang dihadapi oleh teknisi servis ialah unit bekerja tetapi tidak mendinginkan. 

Bilamana terdapat gangguan pada saluran cairan dan atau pipa kapiler unit pendingin yang disebabkan oleh kelembapan atau benda asing yang membeku, timbul keadaan berikut ini : 

l. Pada suhu ruangan yang rendah unit berjalan terus selama gangguan ada, pada suhu ruangan yang tinggi akan bersiklus pada termostatnya. 

2. Evaporator akan menjadi panas (pada seluruh permukaannya jika aliran cairan tersumbat seluruhnya dan pada sebagian permukaan jika sejumlah cairan membocor terus dan esnya akan mencair. 

3. Dalam keadaan ini, kerja unit mungkin terusik dan motor kompresor bisa bersiklus menurut termostat, 

4. Jika saluran cairan telah tertutup oleh es, esnya akan mencair setelah refrigerator cukup dipanaskan, unit akan mulai nnendinginkan secara normal sampai terbentuk es kembali,jika unit membeku terlalu sering maka perlu direparasi. 


Gambar Pengisian Kembali Refrigant

Jika pengisian unitnya kurang atau sejumlah gas  pendinginnya bocor, unit perlu didinginkan. Untuk memeriksa kekurangan isi, periksalah kebekuan rak dengan sebuah akumulator (aki atau baterai). Jika katup kompresor pecah, tidak akan terjadi pendinginan evaporator menjadi panas sehingga dapat mencairkan esnya. Unit akan berjalan terus dan hanya memakai sedikit tenaga listrik, jalannya pelan dan kompresor akan berhenti jika unit di off-kan. Unit akan start dengan segera setelah shunting off tanpa memerlukan penyeimbangan. 

Pada tipe freezer "chest" evaporator atau kondensor jarang memerlukan servis karena keduanya terdiri dari pipa-pipa yang sederhana. Seperti telah diuraikan di muka evaporator terdiri dari pipa-pipa yang dilas pada bagian belakang dinding pelapis. Kondensor terdiri atas pipa-pipa yang dipasang pada permukaan sebelah dalam dari kabinet luar. Oleh karena itu selama bekerja dapat dirasakan hangatnya kondensor pada sisi kabinet luar dan kemungkinan pengembunan terjadi pada permukaan luar. Sistem penyekatan paling banyak diberikan pada unit condensing atau pipa-pipa kapiler dan sambungan saluran pengisap, 

Kumparan evaporator dan kondensor memakai fiberglass atau rock wool yang banyak jika diperlukan. Lepaskan breaker coller dan strip. Tariklah sensing bulb termostat ke dalam kompartemen unit, tariklah dinding pelapis kabinet lepas dari kabinet cukup tinggi, letakkan pada dua bilah papan di atas kabinet, lepaskan isolasi dan periksa kumparan kondensor pada dinding samping atau periksa pre cooler pada bagian bawah kabinet. 

Kumparan evaporator dan kondensor dari freezer berdinding tipis dengan busa sebagai pengganti isolasi tidak banyak dijutnpai. Dinding pada ini kira-kira setebal 2 inchi. Jika kumparan mengalami kerusakan dalam masa garansi, maka langganan dapat menerima ganti dengan freezer yang baru dan yang lama dikembalikan ke pabrik, namun hal ini jarang terjadi. 

Hal yang paling perlu untuk diservis pada sistem penyekatan dari tipe dinding berlapis busa ialah kompartemen kompresor atau pada pipa kapiler dan sambungan saluran pengisap, di situlah letak sambungan solderan dan komponenkomponen yang perlu diservis. Dalam masalah sistem penyekatan langkah pertama harus dilakukan teknisi adalah memeriksa dengan jelas lingkup masalahnya. 

Komponen terakhir yang perlu diperhatikan adalah evaporator dan kondensor. Jika freezer dikembalikan karena tuntutan kerusakan dalam bagian tersebut, maka freezer dapat diperbaiki dan dikirimkan kembali pada pengirim dengan ongkos pembetulan dan transportasi. Bila menservis heat excharger (sambungan pipa kapiler dan saluran pengisap) atau memeriksa kebocoran, lepaslah vinyl breaker trim collar pada Sisi engsel untuk membuka ruang berisolasi, singkirkan bagian isolasi sebelah atas (1/2 inchi atau lebih) untuk menentukan letak heat excharger. Tariklah ke atas agar terbebas dari busa. Pemeriksaan sambungan ini hanya dengan larutan bergelembung. Jangan menggunakan halide atau elektronik leak detector dengan busa, digunakan refrigeran R Il sebagai expanding agent dalam proses membusa sehingga akan bereaksi dengan leak detector dan memberikan pembacaan yang salah, halide atau elektronik detector tuasih 

TEST PLAGARISM



Artikel Terkait

Previous
Next Post »