ILMU REFRIGASI : JENIS-JENIS MESIN PENDINGIN YANG BANYAK DIGUNAKAN DIMASYARAKAT

August 04, 2019

Jenis-Jenis Mesin Pendingin


Umunya ada 3 jenis mesin pendingin yang banyak ditemukan dan digunakan di masyarakat, 3 jenis mesin pendingin itu adalah
1, Refrigator (Kulkas)
Gambar. Kulkas

Mesin ini adalah mesin yang umum digunakan di masyarakat, karena berfungsi untuk mendinginkan makanan, buah-buahan , sayur dll sehingga memperhambat perkembangan bakteri, akibatnya makanan akan semakin awet dan tetap segar. Daya dari elektromotornya yaitu 1/12 pk sampai 1/8 pk.

2. Freezer ( Lemari Pendingin )

Meskipun namanya lemari pendingin namun fungsi utama mesin ini bukanlah untuk mendinginkan, melainkan membekukan makanan ataupu air sehingga menjadi bongkahan es. Proses pendinginannya pun lebih besar daripada refrigator, sehingga daya elektromotornya juga lebih besar yaitu sekitar 1/6 pk sampai 1/3 pk



3. Mesin Pendingin Ruangan (AC


Mesin ini berfungsi untuk menyejukkan udara atau udara di salam suatu ruangan seperti kantor, kamar, bioskop, kendaraan, rumah sakit, dll. AC memiliki 2 bagian utama yaitu AC indoor dan AC outdoor.



Ketiga jenis mesin pendingin tersebut semula merupakan barang mewah, akan Tetapi pada zaman sekarang ini, seiring dengan naiknya laraf hidup manusia akhirnya barang-barang tersebut sudah meruıpakan kcbutuhan yang biasa atau sudall tidak dikatagorikan scbagai barang mewah lagi. Dengan adanya nıesin pendingiıı ini, maka makanan, bualı-buahan dan sayur-sayuran dapat lahan lebih lama dalam keadaan segar. Buah-buahan dari kota lain dapat diangkut dengan kendaraan yang dilengkapi dengan meşin pendingin (Freezer), demikian juga daging atau ikan.

Dengan semakin banyaknya pemilik atau pemakai jenis-jenis meşin pendingin ini mengakibatkan timbulnya masalah baru yaitu mengenai cara melakukan perawatan terhadap meşin ini agar dapat bertahan lama dan cara memperbaiki mesin-mesin ini jika terjadi kerusakan.

Mesin-mesin ini harganya masih relatif mahal. Oleh karena itu, ketika melakukan perbaikan terhadap meşin ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang betul-betul memahami cara kerjanya, konstruksi dan bahan-bahan dari spareparts atau suku cadangnya. Jika perbaikan dilakukan oleh orang yang pengetahuannya tentang teknik meşin pendingin masih minim, niscaya bukan perbaikan yang didapat tetapi bahkan sebaliknya kerusakan total akan terjadi.

Untuk menjadi seorang ahli di bidang teknik meşin, khususnya meşin pendingin, kita harus mengetahui dengan sebaik-baiknya cara kerja, konstruksi dan bagian-bagian pokok dari meşin pendingin tersebut. 

TEST PLAGIARISME

Artikel Terkait

Previous
Next Post »