ILMU OTOMOTIF : Cara Mudah Agar Blok Mesin dan Komponen Sistem Pendingin Anti Karat

August 27, 2019

Cara Mencegah Karat pada Blok Mesin dan Komponen Sistem Pendingin




Dengan mengetahui penyebab dan faktor-faktor yang dapat menimbulkan karat dalam air tanah ,sehingga diharapkan kita dapat melakukan pengendalian terhadap karat didalam air blok mesin dan pada sistem pendingin mesin.

Adapun usaha-usaha yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

Usaha ini bertujuan untuk menghilangkan zat-zat yang dapat mengoksidasi besi dalam keadaan asam. sehingga, disamping  melakukan penghilangan oksigen, harus ada proses penetralan.

Macam-macam cara yang digunakan untuk menghilangkan oksigen dari dalam air yaitu:

Menggunakan oxygen scavenger (penangkap oksigen) seperti hydrazine (N2H4) Pembubuhan Na2SO3 sehingga akan terbentuk Na2SO4 pada temperatur tinggi.

Inhibitor berguna untuk menghambat laju korosi jika masukkan ke dalam air karena membentuk lapisan pelindung. Inhibitor katodis akan membentuk lapisan hidroksida yang sukar larut.

Sedangkan inhibitor anodis akan membentuk anion yang dengan ion logamdapat membentuk persenyawaan yang sukar larut.

Dalam Praktiknya, inhibitor yang sering ditambahkan adalah: Alkali (inhibitor katodis) Biasanya dibubuhkan NaOH yang dapat membentuk hidroksida yang sukar larut dan dapat menetralkan lingkungan asam.

Senyawa kromat yang sering dibubuhkan adalah Na2CrO4 a, Fosfat (Na3PO4)

Na3PO4 dapa terionisasi menjadi PO42- dimana dengan ion Fe3 yang ada dalam ir akan membentuk garam Fe2(PO4)3 yang merupkan lapisan tipis tetpi merupakan pelindung terhadap terjadinya karat.

Biasanya natrium silikat (Na2SiO3) yang jika bereraksi dengan besi dapat membentuk besi silikat yang merupakan lapisan yang sukar larut dan pelindung dari korosi.

Adapun cara-cara untuk menghilangkan asam karbonat adalah sebagai berikut:

Dengan aerasi,mencampurkan air dengan udara sehimgga menurunkan kadar CO2 dalam air dicampur dengan kapur tohor (CaO), CaO dengan air dapat membentuk Ca(OH)2 sesuai dengan persamaan reaksi berikut:

Jadi asam karbonat dijadikan garam bikarbonat yang bila kena panas akan menjadi CaCO3. Kemudian CaCO3 akan bereaksi dengan CO2 dalam air membentuk garam bikarbonat .Jadi CO2 yang agresif diubah menjadi garam bikarbonat yang tidak agresif.

Pada temperatur tinggi zat-zat tersebut akan membentuk endapan padas dinding logam yang panas Endapan yang utama adalah CaCO3 dan CaSO4 dan didapat juga NaSO4. selain beberapa faktor diatas ada juga cara yang dapat mencegah terjadinya karat pada sistem pending seperti menggunakan cairan radiator coolant, caiaran ini adalah larutan kimia cair yang dibuat khusus sebagai zat pendingin untuk mencegah terjadinya panas yang berlebihan dan pembekuan pada sistim pendingin.

Radiator coolant merupakan jenis air pendingin yang memberikan kesempuranaan sirkulasi pendingin, sehingga blok mesin maupun sistem pendingin dapat bekerja optimal dan tentunya tahan lama.

TEST PLAGIARISM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Iklan