ILMU ENERGI : POTENSI ENERGI NUKLIR SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK DI INDONESIA

August 02, 2019

POTENSI ENERGI NUKLIR SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK DI INDONESIA

Gambar. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir


Energi nuklir merupakan energi alternatif terakhir dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia akan tenaga listrik. Akhir-akhir ini, energi nuklir sebagai energi alternatif banyak menarik perhatian para ahli. Walaupun kehebatan energi nuklir dikenal melalui bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat di Hirosima dan Nagasaki yang mengakhiri perang dunia II, ternyata kehebatan energi nuklir tersebut ikut mengubah peta energi dunia. 

Energi nuklir yang sangat hebat tersebut pada saat ini telah diubah menjadi tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia. Pemanfaatan energi nuklir untuk pembangkit tenaga listrik ini sering disebut dengan pemakaian tenaga nuklir untuk maksud-maksud damai. Nuklir merupakan sumber energi listrik masa depan. Kriterianya memenuhi segala aspek teknologi modern. Efisiensinya tinggi, teknologinya bersih dan ramah lingkungan, menggunakan sistem keselamatan yang canggih dan ketersediaan bahan bakar yang cukup. 

Jepang sebagai negara yang pernah mengalami kehancuran akibat jatuhnya bom atom ternyata pada saat ini justru merupakan salah satu negara yang paling banyak memanfaatkan energi nuklir untuk pembangkit tenaga listrik. Sekitar 50% kebutuhan tenaga listrik di Jepang dipenuhi dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). 

Sementara itu, Perancis merupakan negara yang paling banyak menggunakan tenaga listrik yang diperoleh dari energi nuklir, yaitu sekitar 74,6% seluruh kebutuhan tenaga listriknya. Negara-negara maju yang lain seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia juga mengandalkan kebutuhan tenaga listriknya dari energi nuklir, Bahkan beberapa negara berkembang seperti India, Pakistan, dan Iran telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga 

Nuklir untuk memenuhi sebagian tenaga listriknya. Di masa depan penggunaan energi nuklir akan semakin menarik. Di seluruh dunia, konsumsi energi yang berasal dari PLTN akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. 

Bagaimana dengan Indonesia? Sampai sekarang Indonesia masih mengandalkan bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Cadangan bahan bakar fosil di Indonesia tidak banyak. Karena itü Indonesia harus mengembangkan teknologi nuklir. Teknologi nuklir mampu menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang sangat besar. Kalau Indonesia tidak menggunakan energi nuklir dalam memenuhi kebutuhan tenaga listriknya, maka Indonesia akan mengalami krisis energi di masa yang akan datang.

TEST PLAGIARISME


Artikel Terkait

Previous
Next Post »