PENGELASAN : TEKNIK PENGELASAN PVC DENGAN KECECPATAN TINGGI

July 25, 2019

TEKNIK PENGELASAN PVC DENGAN KECEPATAN TINGGI


Las PVC kecepatan tinggi merupakan penggabungan antara metode-metode dasar yang ada dalam pengelasan kecepatan lambat. Las model ini dirancang khusus sehingga dapat menghasilkan hasil lasan yang seragam dan lebih cepat. Sama halnya dengan pengelasan lambat, dalam pengelasan cepat ini panas dan tekanan harus konstan.

Batang las ini akan dipanaskan saat melewati tabung di ujung nozzle yang mirip dengan kaki (toe). Paret material ini akan dipanaskan oleh aliran gas panas yang melewati lubang ujung nozzle dibelakan toe. Toe nozzle ini memberikan tekanan pada batang dan menghilangkan kesulitan dalam menerapkan tekanan yang konstan. Bagian ujung nozzle ini di desain agar dapat melakukan pengelasan yang lebih cepat dan seragam, dengan kecepatan rata-rata pengelasan 1000 mm per menit.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu pegang welding torch dan angkat sekitar 75mm diatas material paret, selanjutnya masukkan batang las ke tabung pemanasan awal dan letakkan ujung runcing toe ke paret material pada titik awal las. Dorong batang las secara tegak lurus terhadap parent material. Langkah selanjutnya yaitu mengarahkan welding torch ke sudut 45⁰ dan batang las akan mengumpan secara otomatis tanpa tambahan bantuan tekanan pada batang las.


Sudut antara welder dan parent material akan menentukan tingkat kecepatan pengelasan, jika laju welding terlalu cepat maka welding torch harus diatur ke sudut 90⁰ sehingga laju pengelasan akan melambat.

Untuk menjaga hasil pengelasan, sering-seringlah membersihkan ujung nozzle dengan wire brush sehingga kotoran atau lelehan pada batang rod menjadi besih. 

TEST PLAGIARISM


Artikel Terkait

Previous
Next Post »