PENGELASAN : PENGELASAN PIPA PVC DENGAN TEKNIK "ROUND NOZZLE WELDING"

July 24, 2019

Round Nozzle Welding


Round nozzle welding merupakan teknik pengelasan lambat dimana pada pengelasan PVC, meterial akan difusikan dengan cara mengkombinasi antara panas dan tekanan. Ada 2 komponen utama dalam penggunaan las ini yaitu :

1. Welding Torch
2. Welding Rod


Peganglah welding torch dan berikan jarak antara pipa dan welding torch sekitar 6-20 mm. Panaskan area yang akan diwelding dan welding rod, pastikan welding rod telah berwarna terang dan menempael pada pipa pvc yang akan disambung. Sudut pengelasan yang digunakan untuk mengelas bahan PVC yaitu 90°. Gerakkan welding torch secara vertikal sehingga panas dapat menyebar merata antara rod dengan material PVC. Dikarenakan welding rod memiliki kepadatan yang lebih rendah daripada material dasarnya maka welding rod akan lebih cepat meleleh. Kecepatan rata-rata pengelasan ini yaitu antara 150 mm - 200 mm per menitnya.

Gambar. Sudut Pengelasan PVC

Pada pengelasan ini, sangat penting untuk menjaga agar tekanan dan kecepatan pengumpanan pada welding rod. JIka terlalu panas maka substrat akan gosong, meleleh dan rusak sehingga diperlukan pengaturan panas hot gun yang tepat diiringi dengan kecepatan pengelasan yang konstan dan sudut pengelasan yang benar. Metode pengelasan ini (Round Nozzle Welding) biasanya digunakan untuk mengelas bagian-bagian yang susah dijangkau contohnya saja posisi disudut.

TEST PLAGIARISM


Artikel Terkait

Previous
Next Post »