ENERGI : PENGGUNAAN BBM SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK DI INDONESIA

July 31, 2019

PENGGUNAAN BBM SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK DI INDONESIA

Gambar. Peta Kilang Minyak Pertamina


Bahan bakar memainkan peranan penting dalam perekonomian dunia. BBM menyediakan bahan bakar untuk transportasi, pemanas, dan pembangkit listrik. 

Cara menghasilkan listrik dengan BBM adalah sebagai berikut, Minyak dibakar untuk memanaskan air. Air yang mendidih ini menghasilkan uap bertekanan sangat tinggi. Kemudian, uap digunakan untuk memutar turbin sehingga dihasilkan tenaga listrik. Dalam pembangkit listrik ini diperlukan tangki penyimpanan yang besar agar tersedia pasokan yang tidak terputus. 

Kandungan di dalam bumi tidak bisa diperbarui lagi. Semakin lama semakin habis. Jika tidak dihemat dan diatur secara tepat proses penambangannya, kandungan sumber energi fosil ini cepat habis. Setelah habis, tidak dapat diperbarui lagi. Dari ketiga jenis sumber energi fosil, yaitu , gas, dan batubara, maka kandungan kita adalah yang paling sedikit. 

Apabila tingkat produksi tetap seperti tahun 2012 dan tidak ditemukan cadangan yang baru, maka cadangan bumi di Indonesia diperkirakan habis dalam waktu 12 tahun. Jadi, sudah sangat kritis. 

Padahal kebutuhan konsumsi di Indonesia Sangat besar. Minyak masih menjadi tumpuan energi di Indonesia, terutama untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan pembangkit tenaga listrik. Namun masalahnya, produksi kita terus mengalami penurunan. Ekspor kita turun terus, sementara impor kita terus meningkat. Indonesia kini telah menjadi pengimpor . Impor Indonesia lebih besar dari ekspornya.

Ketika harga minyak dunia mengalami kenaikan, Indonesia termasuk negara yang mengalami kesulitan keuangan. Karena harga minyak didalam negeri lebih murah dari harga minyak internasional. Perbedaan harga itu karena selalu disubsidi oleh pemerintah. Dan subsidi yang diberikan oleh pemerintah setiap tahun semakin besar seiring dengan kenaikan harga minyak internasional. Disamping itu, impor minyak Indonesia juga semakin banyak dengan bertambahnya kendaraan bermotor di Indonesia. 

Karena itu pemakaian minyak harus dikurangi. Untuk keperluan rumah tangga seperti memasak, pemerintah telah mengganti minyak tanah dengan gas. Sedangkan untuk pembangkit tenaga listrik, pemerintah banyak menggunakan batubara. Pilihan lain adalah dengan menggunakan panas bumi dan nuklir. Sedangkan untuk transportasi akan digunakan campuran BBM dan bahan bakar nabati seperti kelapa sawit dan tanaman jarak. Transportasi umum seperti bus dan kereta api juga harus diperbanyak untuk mengurangi kendaraan pribadi. Dengan demikian, subsidi BBM dapat dikurangi. 

Pembangkit listrik menggunakan bahan bakar minyak juga mempunyai dampak pada lingkungan hidup. Bahan bakar minyak menciptakan asam dioksida (salah satu unsur dalam hujan asam) cukup banyak. Jadi, di samping mahal, BBM juga menimbulkan kerusakan lingkungan. Karena itu pemakaian BBM untuk pembangkit tenaga listrik harus dikurangi. 

TEST PLAGIARISM


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Febrianto
AUTHOR
3 November 2019 at 12:54 delete

tapi tetep butuh bahan bakar baru yang ramah lingkungan gan

Reply
avatar